Transportasi

0


Transportasi …  

Tiba di Stasiun Madiun
Via : https://pergimulu.com

Sebenarnya tidak sulit untuk Kamu singgah di Kota, yang punya Sejuta Julukan ini. Mulai dari : Kota Gadis, Sastra, Pecel, Sejuta Bunga, Pendekar, Bluder, Kuliner, hingga Kereta Api. 


1Terlebih di Era Kekinian, di mana dengan dibukanya Akses Tol Trans Jawa, yang juga melewati Madiun, Jarak antara Satu Kota dengan Lainnya menjadi semakin dekat. Untuk jarak Jakarta hingga Madiun menggunakan Tol Trans Jawa pada waktu lenggang dapat ditempuh sekitar 7 - 8 Jam Perjalanan.

 

2Jika Kamu menggunakan Kereta Api untuk Relasi Jakarta - Surabaya atau yang melewati Stasiun Madiun dapat ditempuh dengan 8 - 9 Jam Perjalanan. Begitupula Jika dari Surabaya - Madiun dapat ditempuh dengan 1.5 - 2 Jam Perjalanan. Untuk Rute Tujuan Yogyakarta / Solo - Surabaya, yang melewati Stasiun Madiun dapat ditempuh dengan 1 - 1.5 Jam Perjalanan. Waktu, yang diperlukan hampir sama dengan Kamu berkendara Mobil melewati Tol Trans Jawa untuk Tujuan dari Surabaya - Madiun, maupun Solo - Madiun dengan Perkiraaan (Estimasi) sekitar 1 - 2 Jam Perjalanan.

 

3Saat Kamu menggunakan Angkutan Umum (Bis) di mana Kamu turun di  Terminal Purbaya, Waktu yang diperlukan untuk sampai di Kota Madiun memang lebih lama. Terlebih jika Angkutan Umum, yang digunakan bukan merupakan Bis Patas Eksekutif, yang melewati Tol Trans Jawa, dan harus masuk di Beberapa Terminal Dalam Kota. Sebagai Contoh saat Kamu dari Terminal Purabaya (Bungurasih), Sidoarjo - Surabaya menuju Terminal Purbaya menggunakan Bis Patas Ekonomi tanpa melewati Tol Trans Jawa, Perkiraan (Estimasi) untuk sampai di Kota Madiun bisa mencapai 5 Jam Perjalanan. Hal ini disebabkan Bis harus melewati Jalur Umum, dan masuk, hingga berhenti sementara di Terminal Dalam Kota, seperti : Mojokerto, Jombang, maupun Nganjuk, sebelum akhirnya sampai di Kota Madiun.


Angkutan Dalam Kota (Len/Lin), 
Yang diperuntukan bagi Penunjang Transportasi Gratis bagi Anak Sekolah 
Via : https://dishub.madiunkota.go.id

 

4Lalu bagaimanakah, jika Kamu menuju Pusat Kota (Downtown) Madiun ? Contohnya saja, saat Kamu turun dari Terminal Purbaya atau Stasiun Madiun, menuju Pusat Kota Madiun ?


Ya ! 


Sistem Transportasi di Kota Madiun, menurut Kami memang belum dapat dikatakan sepenuhnya baik. Karena tidak tersedianya Angkutan Dalam Kota, yang hadir Dua Puluh Empat Jam Non Stop melayani Para Penumpang untuk menuju Pusat Kota Madiun atau Beberapa Tempat (Spot), dan Wilayah Tertentu di Kota Madiun. Sebagai Kota Kecil di Lapis Kedua (Second Layer) dengan Luasan Kota, yang juga tidak terlalu besar, Penduduknya lebih senang menggunakan Kendaraan Pribadi, seperti : Mobil atau minimal Motor. Mungkin Tiap Rumah Tangga di Kota Madiun, mempunyai setidaknya Mobil atau Motor atau Keduanya sebagai Mobilitas Mereka dalam beraktivitas di Kota Ini. Sedangkan Angkutan Dalam Kota dahulu memang ada, namun semakin termarginalkan dengan Transportasi Online, yang lebih dirasa fleksibel sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk Angkutan Umum Dalam Kota (Len/ Lin) sendiri, sekarang diperuntukan bagi Penunjang Transportasi Gratis untuk Anak Sekolah.


Namun, jangan khawatir Transportasi Online, seperti Gojek maupun Grab siap menanti. Bahkan Taksi Konvensional, ada yang juga beralih menjadi Transportasi Online. Dengan Jarak 100 - 200 Meter dari Titik (Point), yang telah disepakati, Kamu dapat memesan Transportasi Online. Terlebih, karena Luasan Kota Madiun, yang tidak terlalu besar, jadi saat menuju Pusat Kota, ongkos yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar saat menggunakan Transportasi Online.


Contohnya :


Saat Kamu tiba di Stasiun Madiun, Kamu dapat keluar sebentar menuju Jalan Biliton atau Minimarket Alfa Dr Soetomo, yang masih disekitaran Jalan Kompol Sunaryo, Tempat Stasiun Madiun berada untuk memesan Transportasi Online menuju Pusat Kota (Downtown) Madiun.


Atau jika Kamu ingin melihat Keindahan Kota Madiun dengan Kendaraan Tradisional Becak pun sangat bisa. Sesekali angin sepoi - sepoi, mengiringi Perjalanan Kamu menuju Pusat Kota atau Spot Tertentu di Kota Madiun. Namun sepertinya, Kamu harus merogoh kocek, yang lebih dalam. Sesekali bolehlah agar Eksistensi Becak Tradisional di Kota Madiun dapat bertahan diantara Gempuran Transportasi Online.

Peresmian Madiun Bus On Tour "Mabour"
Via : https://travel.kompas.com

 

Dan saat Kamu tiba di Jalan Pahlawan (Pahlawan Street Centre), yang menjadi Tempat Destinasi Baru bagi Para Pelancong, Kamu dapat menaiki Bis Wisata (Madiun Bus On Tour Mabour) dengan Jadwal yang telah ditentukan, tepat di samping Halte Balai Kota Madiun, di Sekitaran Taman Sumber Umis, yang masih Satu Area dengan Pahlawan Street Centre (PSC). 

Rute Perjalanan Madiun Bus On Tour "Mabour"
Via : https://dishub.madiunkota.go.id


Sebagai Informasi Tambahan, Bus Wisata ini tidak dikenakan Biaya Sepeser pun alias Gratis. Melewati Beberapa Titik Persinggahan mulai dari Jalan Pahlawan, Cokroaminoto, Agus Salim, Bogowonto Culinary Center, Alun - Alun, Lapak UMKM, hingga Spot Wisata Terbaik Lainnya, seperti : Taman Ngrowo Bening - Taman Aset PDAM, dan Kembali di Pemberhentian Terakhir Halte Taman Sumber Wangi - Samping Balai Kota Madiun. Bila saat Malam Tiba, Kamu dapat menikmati Keindahan Kota Madiun dengan Bus Wisata ini, yang mana Sepanjang Perjalanan semarak Lampu Kota menambah Cantiknya Kota Madiun, yang juga dikenal sebagai Kota Sejuta Lampu.



Berikut Akses Transportasi Menuju Kota Madiun, dan saat Kamu di Kota Madiun :


1. Menggunakan Kendaraan Pribadi - Tol Trans Jawa

Menggunakan Tol Trans Jawa

Estimasi (Perkiraan) :

Jakarta - Madiun : Rp. 638.000,- 

Semarang - Madiun : Rp. 185.000,-

Solo - Madiun : Rp. 115.000,-

Surabaya - Madiun : Rp. 155.000,-

 

2. Menggunakan Kereta Api

Jadwal Rute, dan Tarif Kereta Api Jakarta menuju Stasiun Madiun
Via : https://www.traveloka.com

 

3. Menggunakan Transportasi Umum/ Bis



* AKAS - Ekonomi Non AC - Tarif 26 K

Surabaya - Ponorogo turun di Terminal Purbaya Madiun

* Sugeng Rahayu - Ekonomi Non AC - Tarif 26 K

Surabaya - Wonogori turun di Terminal Purbaya Madiun


Rata - Rata Perkiraan menggunakan Bis Patas Ekonomi Non AC dari Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya - Madiun, Tarif Rp. 26.000,- - Rp. 30.000,-


* EKA Cepat

Surabaya - Cimahi, turun di Terminal Purbaya Madiun

Patas AC, Tarif 50 K

* Restu

Surabaya - Ponorogo, turun di Terminal Purbaya Madiun

Patas AC, Tarif 50 K


Rata - Rata Perkiraan menggunakan Bis Patas AC dari Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya - Madiun, Tarif Rp. 50.000,- - Rp. 55.000,-


Info Detail :

https://jadwalbis.com/jadwal/hasilPencarianJadwalBis/jadwal-bis-SURABAYA-MADIUN


* Garuda Mas

Tanjung Priok - Ponorogo, turun di Terminal Purbaya Madiun

Patas AC, Tarif 225 K

* Garuda Mas

Pulo Gebang Jakarta - Madiun

Eksekutif AC Tarif 234 K

* Gunung Harta

Pasar Minggu - Ponorogo, turun di Terminal Purbaya, Madiun

Bisnis AC, Tarif 225 K 


Rata - Rata Perkiraan menggunakan Bis Patas AC, dan Eksekutif dari Jakarta - Madiun, Tarif Rp. 225.000,-  Rp. 260.000,-


Info Detail :

https://jadwalbis.com/jadwal/hasilPencarianJadwalBis/jadwal-bis-JAKARTA-MADIUN


4Menggunakan Transportasi Online - Gojek/ GrabCar menuju Pusat Kota (Downtown)

Menggunakan Go Car - Transportasi Online
Via : https://harga.web.id

Estimasi (Perkiraan) : Rp. 12.000,- - Rp. 15,000,-


5. Menggunakan Becak menuju Pusat Kota (Downtown)

Menggunakan Becak 

Estimasi (Perkiraan) : Rp. 20.000,- - Rp. 25.000,-


Kembali : Informasi


Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !